Tipe Jerawat

Jerawat merupakan suatu penyakit kulit yang biasa dialami oleh setiap orang. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus glan) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak hanya menyerang muka , tetapi juga dapat menyerang bagian lain seperti punggung dan dada. Ada beberapa tipe jerawat diantaranya seperti dibawah ini.

Jerawat pada umumnya ada tiga macam dengan cara penanganan yang sedikit berbeda, yaitu :

  1. Komedo, sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat. Pori-pori kulit dapat tersumbat dikarenakan menumpuknya sel-sel kulit mati dan minya yang di produksi oleh kulit secara berlebihan sehingga menutup sel-sel kulit. Komedo ada dua jenis yaitu blackhead dan whitehead. Komedo yang terbuka atau blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam sedangkan komedo yang tertutup atau whitehead memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
  2. Jerawat Biasa, jerawat ini mudah sekali dikenali, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, stress, hormon dan udara lembab dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
  3. Cystic Acne (Jerawat batu), Jerawta yang besar dengan tonjolan-tonjolan meradang hebat berkumpul di seluruh wajah (berbeda dengan jerawat biasa yang berkumpul disalah satu bagian wajah). Penderita Cystic acne biasanya disebabkan karena genetik yang memiliki kelenjar minyak yang over active, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal dan memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas dikulit.

Pencegahan yang perlu dilakukan untuk membasmi jerawat secara umum :

  • Hindari stress dan gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti jeroan dan daging. Banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat tinggi.
  • Hindari minuman beralkohol
  • Kurangi makanan yang pedas dan yang digoreng
  • Selalu bersihkan wajah pada pagi dan malam hari dengan kosmetik yang mengandung herbal alami sesuai dengan jenis kulit wajah.
  • Gunakan masker untuk kulit berjerawat 1-2 kali seminggu.
Tipe jerawat pada setiap orang berbeda. Untuk penyembuhan juga dapat dilakukan dengan cara-cara alami. Mencuci muka secara teratur dan menjaga kesehatan wajah. 

=====================================

>>> Acne Cream Dokter Boyke, Obat Jerawat Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat di Wajah Secara Alami Untuk Pria dan Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in tips menyembuhkan jerawat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *